7 Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Tetap Awet dan Performa Kencang

Merawat komputer atau laptop adalah hal yang sangat penting untuk menjaga performa agar tetap kencang dan awet. Tetapi masih banyak orang yang kurang memperhatikan hal tersebut. Contohnya saja tidak mempedulikan kebersihan laptopnya sehingga banyak komponen yang berdebu.


Untuk itu kali ini Teknoriana akan membagikan 7 Tips Merawat Komputeratau Laptop Agar Tetap Awet dan Performa Kencang. Berikut tipsnya :

1. Jagalah sirkulasi udara di sekitar perangkat

Banyak orang yang memandang rendah tentang sirkulasi udara di sekitar perangkat. Padahal, hal ini dapat mengakibatkan laptop kamu cepat panas dan memungkinkan terjadi kerusakan di berbagai komponennya. Contohnya saja, mengoperasikan laptop di tempat yang lembab dan kekurangan udara segar seperti manusia membutuhkan banyak udara untuk bernapas, begitu juga laptop. Jadi pikirkan sendiri akibatnya!

2. Taruh laptop dengan alas yang keras dan rata

Dengan menaruh laptop di tempat yang memiliki alas yang keras dan rata membuat laptop dapat menyaring udara dengan lancar. Berbeda ketika anda menaruhnya di tempat yang bergelombang dan lunak seperti kasur dan sofa, karena memiliki permukaan lunak dapat menyebabkan aliran udara kurang lancar bahkan menghambat aliran udara yang masuk yang dapat memicu panas. Jika berlebihan dapat menyebabkan ledakan laptop kamu.

3. Gunakan laptop sesekali

Menggunakan laptop sesekali dapat menyegarkan komponen laptop anda sehingga laptop kamu terbiasa melakukan pemanasan perangkat. Tetapi jangan terlalu memaksa laptop kamu untuk bekerja terlalu lama dan menjalankan program berat secara bersamaan (multitasking). Apalagi sambil dicharging karena dapat merusak hardisk atau baterai laptop kamu.

4. Gunakan laptop sesuai prosedur

Menggunakan laptop sesuai prosedur dapat memelihara kesehatan sistem operasi dan memperkecil kemungkinan terkena virus. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mematikan laptop melalui shut down, jangan langsung menekan tombol power. Mengoperasikan program yang telah teruji kualitasnya

5. Gunakan Antivirus yang selalu update

Antivirus merupakan aplikasi penting dalam sebuah laptop maupun komputer. Berfungsi mencegah dan membersihkan virus yang masuk ke laptop. Pastikan pula, antivirus kamu selalu diupdate untuk memperbaharui sistem ke tingkat yang lebih baik.

6. Jauhkan dari cairan

Saya rasa semua orang juga tahu untuk menjauhkan laptop atau komputer dari cairan. Tetapi untuk mengatasi laptop yang terkenan cairan yaitu :
  • Ambillah tisu
  • Lalu usap bagian yang terkena air
  • Tunggu hingga kering
7. Hati-hati saat browsing

Berhati-hatilah saat browsing, karena telah banyak beredar virus yang dapat menginfeksi laptop anda seperti trojan, spyware, program phising, bahkan virus yang dapat mencuri data rahasia anda, ada juga yang menyembunyikan file - file anda.

Itulah 7Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Tetap Awet dan Performa Kencang versi Teknoriana. Semoga bermanfaat bagi anda. 

Jangan lupa untuk berkomentar dan berlangganan dengan Teknoriana serta bagikan berita ini ke teman - teman kamu.


Previous
Next Post »